Profil Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumatera Barat




 Alhamdulillah, Masjid tawqa Muhammadiyah Sumatera Barat, yang terletak di jalan Bundo Kanduang No.1 Padang, dalam batas-batas tertentu telah wujud sebagai sebuah masjid yang berupaya mempraktekkan fungsi-fungsi masjid sebagaimana disebutkan di atas. Masjid ini  sejak awal dibangun, bahkan sebelumnya ketika masih bernama masjid Raya yang runtuh tahun 1975, di samping sebagai tempat ibadah shalat berjama’ah setiap waktu, juga sangat aktif memberikan pencerahan dan pencerdasan dalam upaya membina dan membangun sikap mental dan karakter umat yang bermartabat untuk kesejahteraan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Kegiatannya sangat bervariasi dan dalam gerakan yang penuh kreatif dan inovatif, misalnya;  dalam bidang ekonomi ada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), penyewaan beberapa petak toko yang berasal dari harta wakaf untuk berbagai kegiatan bisnis yang Islami. Dalam bidang  sosial ada pengumpulan dan pendistribusian  dana ZIS untuk fakir miskin dan anak yatim, ada penyembelihan hewan qurban, dan pengumpulan /pembagian zakat maal/ fitrah. Dalam bidang pembinaan pribadi dan keluarga di samping ada pengajian dan pengkajian setiap hari, ada LK3 (Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga) Sakinah. Dalam bidang dakwah dan  informasi ada Radio Sang Surya dan Bimbingan Manasik Haji serta Umrah. Dalam bidang kesehatan dan pertolongan ada Balai Pengobatan KH.Ahmad Dahlan dan praktek dokter, donor darah  dan Taruna siaga bencana. Sedangkan dalam bidang pendidikan ada TPA/TPSA, MDA/MDW di samping pendidikan non formal lainnya seperti Seni Bela Diri Tapak Suci. Begitu juga dalam bidang santunan ada rumah singgah dan pengumpulan dana untuk musafir yang terlantar, muallaf, korban bencana alam dan pengiriman da’i ke daerah pedalaman.
Begitulah seterusnya sampai pada bidang pemberdayaan generasi muda, wanita dan remaja dengan berbagai aktifitasnya. Semuanya bergerak tanpa henti dan dikelola oleh tenaga-tenaga tua dan muda yang secara estafet sambung bersambung dari satu periode  keperiode berikutnya.
 Reputasi itu bisa tercapai berkat adanya organisasi yang kuat dan manajemen yang solid serta kepemimpinan yang berwibawa. Kemudian didukung oleh perangkat-perangkat lunak seperti peraturan dan program yang jelas serta Standar Operasional Pelayanan (SOP) yang terarah.  Dengan modal manajemen dan leadership yang sederhana itu, dan dengan senantiasa mengharapkan bimbingan dan redha Allah SWT, alhamdulillah  Masjid ini   telah dapat melahirkan kelompok orang-orang beriman yang kuat dan berkualitas. Mereka siap untuk bekerja keras dan berkorban demi agama Allah. Mereka kompak dan bersatu  meskipun dari latar belakang  profesi yang tak sama. Mudah-mudahan mereka termasuk golongan hamba-hamba Allah yang diharapkan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya, yakni; “Orang-orang  beriman yang kuat dan berkualitas adalah lebih baik dan dicintai Allah dibanding orang-orang beriman yang lemah”. (al-Hadits).  

PROPIL SINGKAT MASJID TAQWA MUHAMMADIYAH SUMATRA BARAT
Nama Masjid                     :  Lama; Masjid Raya Muhammadiyah
                                       :  Baru;  Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar
Luas Tanah/Bangunan        :  3.119 M2 / 4.945,94 M2 (Tiga Lantai)
Sertifikat Tanah                                :  No.1618, tanggal 23 September 1972.
Daya Tampung                 :  3.000 orang jama’ah.
Awal Berdiri                     :  1957, Runtuh 1975, dibangun kembali 1976.
 








Postingan populer dari blog ini

MASJID TAQWA MUHAMMADIYAH PERKUAT DIGITALISASI EKOSISTEM BERBASIS MASJID

Perpustakaan "Amanah"

At-Taqwa Mart